Februari 18, 2018

Kiat-Kiat Mengubah Sepatu Kembali Baru Lagi

Sepatu. Foto: Unsplash

Di satu sisi sepatu merupakan kebutuhan primer manusia. Sepatu bisa digunakan di sekolah, di kampus, di kantor, maupun di tempat-tempat formal atau acara non formal. Di samping sepatu bermanfaat sebagai alas untuk kaki, sepatu juga bisa menjadi alat untuk mendokrak penampilan. Dengan memadukan tampilan atasan dengan bawahan (sepatu), akan membuat kamu kelihatan lebih elegan dan keren.

Namun bagaimana dengan sepatu lama yang sudah kusut, apalagi sampai warnanya memudar? tentu hal ini mempengaruhi penampilan kamu secara menyeluruh. Alih-alih membeli yang baru dan harganya mahal, kamu hanya perlu mencoba bereksperimen dengan sepatu lamamu. Cukup dengan melakukan re-coloring, sepertumu terlihat seperti baru lagi.

Hal ini sudah saya coba kemarin, dan hasilnya lumayan bagus. Kamu  hanya menyediakan modal yang cukup murah. Berikut ini kiat-kiat mengubah sepatu kalian agar kembali seperti baru lagi.

Modal yang disiapkan

Modal utama yang disiapkan adalah bahan pewarna. Dalam eksperimen kemarin sebelum mengecat sepatu lama, saya sempat gogling-gogling dulu bahan cat yang akan digunakan. Hasilya, banyak yang menyarankan cat arkilik, ada juga yang menyarankan pilox warna, bahkan ada yang menyarankan spidol permanen.

Setelah menimbang-nimbang berdasarkan barang yang tersedia dan harga yang lebih ekonomis, akhirnya pilihan saya jatuh ke spidol permanen. Alasan menggunakan spidol permanen karena dalam proses mewarnai lebih mudah ketimbang bahan kompetitornya (bahan-bahan lain yang disebutkan di atas). Bicara soal ketahanan dan kualitas, saya rasa spidol permanen cukup bersaing, buktinya, sepatu yang sudah di re-coloring menggunakan spidol terkena hujan dan semuanya baik-baik saja. Tidak luntur.

Kiat-Kiat Mengubah Sepatu Kembali Baru Lagi

  • Spidol permanen: Rp. 6.000
  • Tinta permanen: Rp. 7.000
  • Lakban: Rp. 4.000
  • Tali Sepatu: Rp. 3.000

Proses pewarnaan

Sebelum melakukan pewarnaan silakan cuci dahulu sepatu lama kamu menggunakan sabun. Kemudian sikatlah pelan-pelan pada badan luar sepatu. Hal ini dilakukan agar debu-debu yang masih menempel tidak ikut merekat pada saat mewarnai. Kemudian keringkan sampai benar-benar kering.

Kiat-Kiat Mengubah Sepatu Kembali Baru Lagi

Setelah kering, tempelkan lakban pada bagian-bagian yang tidak ingin terkena tinta, misalnya pada bagian sol sepatu. Setelah itu, mulailah lakukan pewarnaan, lakukan dengan tehnik mewarnai kekanan-kekiri agar tinta menyebar dengan rata, jangan lupa sesekali mengisi tinta. Lakukan terus hingga semua selesai dan dirasa warnanya menyebar secara merata.

Setelah semuanya selesai, masukan tali sepatu yang baru dibeli, dan tadaaaaaaa, sepatu kamu menjadi seperti baru lagi dan tentunya, lebih hemat ketimbang membeli sepatu baru yang sekarang harganya terlampau tinggi, apalagi barang branded dan original.

Kiat-Kiat Mengubah Sepatu Kembali Baru Lagi

Jadi, gimana?  Apa sekarang kalian berminat menyulap sepatu kesayanganmu agar tampak lebih baru lagi?

Bisa ditemukan melalui akun Twitter @loblogdeubin

3 komentar:

  1. kyk ada corak corak nya bgtu yak 😂😂

    BalasHapus
  2. Playtech TV - YouTube - Videoodl.cc
    ‎Playtech TV · ‎Playtech TV · ‎Playtech TV · ‎Playtech TV · ‎Playtech TV · youtube to mp3 ‎Playtech TV

    BalasHapus


EmoticonEmoticon